Berita

DIKLAT PRAJABATAN GOLONGAN III ANGKATAN II

oleh pada 20 April 2009 15:47:17 WIB

DIKLAT PRAJABATAN GOLONGAN III ANGKATAN II

Pegawai Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Priok atas nama Iman Praditya dan Lany Roosmaryarsih baru saja selesai mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan III Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika Angkatan II yang diselenggarakan di Pusdiklat Aparatur Departemen Perhubungan, Jl. Raya Parung KM 26,5 Kemang-Bogor.

Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan tersebut dilaksanakan oleh Pusdiklat Aparatur Departemen Perhubungan bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara, diselenggarakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 30 Maret s/d 11 April 2009 dengan jumlah peserta 39 orang yang berasal dari seluruh unit kerja dilingkungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Diklat Prajabatan Golongan III adalah salah satu Diklat Prajabatan yang diperuntukkan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III yang akan diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil. Diklat ini dimaksudkan untuk memberi bekal pengetahuan, ketrampilan, dan pembentukan perilaku bagi CPNS agar mempunyai kemampuan dan etika dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya. Tuntutan terhadap kemampuan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab dalam arti memahami tugas, fungsi, dan berbagai peraturan perundang-undangan di bidang Pemerintahan, disamping pengetahuan teknis lainnya.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000, Diklat Prajabatan Golongan III bertujuan sebagai berikut :

1. Meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan, dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai dengan kebutuhan instansi;
2. Menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa;
3. Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang beorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat;
4. Menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik.

Dalam diklat tersebut, peserta dibentuk dan diarahkan untuk menjadi PNS yang profesional, sehingga perlu diberikan pembinaan yang strategik dan berkelanjutan sesuai dengan perkembangan internal maupun eksternal (perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi) dengan disiplin, moral yang tinggi yang siap mengabdi untuk kepentingan masyarakat.

Sesuai dengan standar kompetensi yang diperlukan oleh Pegawai Negeri Sipil Golongan III, maka kurikulum diklat prajabatan adalah sebagai berikut :
1. Dinamika Kelompok.
2. Sistem Penyelengaraan Pemerintahan NKRI.
3. Manajemen Kepegawaian Negara.
4. Etika Organisasi Pemerintah.
5. Pelayanan Prima.
6. Budaya Kerja Organisasi Pemerintahan.
7. Manajemen Perkantoran Modern.
8. Membangun Kerjasama Tim (Team Building)
9. Komunikasi yang Efektif.
10. Wawasan Kebangsaan dalam kerangka NKRI.
11. Program Ko-Kurikuler yang terdiri dari : Latihan Kesegaran Jasmani, Olah raga, Lari/Jogging, Baris berbaris, Tata upacara sipil, Ceramah Umum/Muatan Teknis Substantif Lembaga, Ceramah Kesehatan Mental.

Sarana dan prasarana yang disediakan oleh Pusdiklat termasuk lengkap dan memadai serta tampak terkelola dengan baik. Berupa ruang kelas, ruang seminar, ruang asrama, ruang makan, perpustakaan, musik, poliklinik, mushola dan gedung olah raga yang menyediakan fasilitas lapangan futsal, bulu tangkis, dan volly ball. Terdapat pula jogging track dan lapangan tenis yang terletak terpisah.

Dengan fasilitas lengkap tersebut diharapkan peserta dapat memanfaatkannya secara berdaya guna dan berhasil guna, sehingga tujuan dan sasaran diklat dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Amin.